Bagi
anda yang ingin meningkatkan Motor Matic anda agar lebih kencang diatas motor
standar lainnya, ini ada bebarapa tips aman yang tidak perlu merogoh kantong
terlalu dalam dan tanpa perlu melakukan bore up. Yaitu dengan melakukan setting
dan sedikit penggantian pada beberapa bagian komponen Motor Matic.
![]() |
Ilustrasi By Google |
Untuk mengubah Motor Matic anda jadi lebih cepat tanpa
bore up anda harus melakukan 6 cara berikut, berikut penjelasannya :
Pakai Roller Yang Lebih Ringan
Mengurangi bobot roller merupakan upaya untuk
menyelaraskan setingan upgrade performa non bore-up yang susah dibuat. Jangan
terlalu banyak menurunkan bobot roller-nya, yaitu cukup 2 gram dari roller
bawaan pabrikan Motor Matic.
Pakai Noken AS Racing
Tutup klep mestinya disesuaikan. Untuk menyelesaikan hal
tersebut langkah yang paling simple adalah dengan mengganti noken as standar
dengan racing. Hal tersebut bisa diterapkan bagi yang menggunakan Motor Matic Yamaha
Mio. Sedangkan untuk pengguna motor Honda BeAT, hanya menyetel ulang
kerenggangan klep. Dengan fuller gauge, setting ulang klep inlet pada angka
0,15-0,20 mm dan bagian exhaust dibikin rapat (0,07-0,1 mm).
Lakukan Porting Pada Bagian Exhaust
Ketika masih dalam kondisi standar, dinding pada lubang
inlet ataupun exhaust teksturnya seperti kulit jeruk. kebanyakan mekanik
menganggap itu adalah sebagai penghalang baik itu jalur masuknya gas atau
keluarnya gas, padahal pendapat tersebut adalah keliru. Supaya performanya
maksimum, inlet yang seperti kulit jeruk itu jangan dibuang, sebab mempengaruhi
proses percampuran bahan bakar dengan udara.
Yang
harus dihaluskan adalah bagian exhaustnya saja, supaya proses pengeluaran dari
hasil pembakaran menjadi lebih lancar. Mestinya pada bagian exhaus tersebut
harus dibuat halus dan rata. Untuk langkah dan proses penghalusan dan
perapatannya dilakukan teknik porting dengan menggunakan tuner atau amplas.
Penyesuaian Pada Knalpot
Cara meng-upgrade performa Motor Matic dengan metode non
bore-up tidak harus menggunakan knalpot racing. Akan tetapi ada baiknya supaya
pembuangannya lebih lancar maka knalpot bawaan motor tersebut mesti
dimodigikasi. Jika tidak mau maka knalpot bawaan dari pabrik yang di otak-atik,
bisa juga dilakukan ganti knalpot aftermarket yang standar bobok.
Setting Ulang Spuyer
Untuk menyering ulang spuyer tergantung dengan keinginan
pemilik Motor Matic tersebut. Jika memang masih ingin mempertahankan penggunaan
filter udara, maka lakukan seting spuyernya dibuat kering. Akan tetapi jika
maunya open filter, maka perbandingan spuyernya dibuat basah. Untuk masalah berapa
ukuran spuyernya, mesti trial and error. Tidak bisa 1 perbandingan main jet dan
pilot jet, bisa dipakai pada semua Motor Matic.
Naikan Rasio Kompresi
Untuk menikan rasio kompresi pada Motor Matic akan
mengakibatkan power meningkat. Ketika gas dibuka penignkatan mesin Motor Matic yang
perbandingan kompresinya ditingkatkan akan terasa dari RPM bawah sampai atas.
Untuk jenis motor Yahama Mio yang pistonnya cekung, untuk menaikan kompresinya
bisa dengan melakukan papas silinder head.
Tidak perlu banyak-banyak untuk skuter Matic, hariannya
cukup 1 sampai 1,5 mm saja. Sedangkan untuk jenis Motor Matic Honda BeAT, untuk
menaikan rasio kompresinya bisa dengan mengganti piston. Cukup hanya dengan
memasukan piston Honda Vario yang berukuran jenong.
loading...
0 Response to "Tips Agar Motor Matic Melaju Kencang Tanpa Bore Up"
Posting Komentar